Monday, March 10, 2014

Bentuk – Bentuk Konfil Sosial



Bentuk – Bentuk Konfil Sosial
a.         Konflik antarkelas sosial (social class conflict ) , sebagaimana konflik yang terjadi antar kelas buruh melawan kelas majikan dalam konfilk industrial, atau kelas tuan tanah melawan buruh tani konflik agraria.
b.        Modes of production (Konflik moda produksi dalam perekonomian ) yang berlangsung antar kelompok pelaku kelompok pelaku ekonomi berskala kecil melawan pengusaha bermodal besar
c.         Konflik sumberdaya alam dan lingkungan ( natural resources conflict ) adalah konflik sosial yang berpusat pada isu claim dan reclaiming dalan penguasaan sumberdaya alam (tanah atau air) sebagai pokok sengketa terpenting . Konflik sumberdaya alam berhimpitan dengna konflik agraria , dimana sekelompok orang memperjuangkan hak-hak penguasaan tanah yang diklaim sebagai hak milik mereka melawan negara, badan swasta atau kelompok sosial lain yang juga mengaku memilikinya.
d.        Konflik ras ( ethnic and racial conflict) yang mngusungkan perbedaan warna kulit dan atribut raisial lainnya
e.         Konflik antar pemeluk agama (Religion conflict) yang berlangsung karena masing-masing pihak mempertajamkan perbedaaan prinsip pada ajaran agama yang dianut .
f.          Konflik sektarian (sectarian conflict ) adalah konflik yang dipicu oleh perbedaan pandangan atau ideologi yang dianut antar pihak . Antara lain :
g.        Konflik politik ( political conflict ) yang berlangsung dalam dinamika oleh kekuasaan
h.        Gender conflict adalah konfilk yang berlangsung anatar dua penganut  pandangan yang berbeda dengan basis perbedaan jenis kelamin (politik, kekuasaan,ekonomi, dan peran sosial ) yang berbeda dan saling  berbentur antar dua kelompok jenis kelamin
i.           Konflik – konflik antarkomunis (communal conflict ) , yang bisa disebabkan oleh berbagai oleh berbagai faktor , seperti eksistensi identitas budaya komunitas , dan faktor sumber daya kehidupan ( sources of sustenance ) .
j.          Konflik teritorial ( territorial conflict ) adalah konflik sosial yang dilancarkan oleh komunitas atau masyarakat lokal untuk mempertahankan kawasan tempat mereka membina  kehidupan selama ini .
k.         Inter state conflict  adalah konflik yang berlangsung antar dua negara dengan kepentingan , ideologi , dan sistem ekonomi yang berbeda dan saling  berbenturan
l.           Reginal konflict sebagaimana terjadi pda era perang Dingin ( Blok Uni sovet versus Blok Amerika Serikat) .

0 comments:

Post a Comment