Monday, October 31, 2016

K A R A N G A N P E R S U A S I



Karangan Persuasi 1
Mari Wajib Belajar Sembilan Tahun

Wajib belajar Sembilan tahun ini dimulai dari tingkatan pertama yaitu Sekolah Dasar (SD) selam enam tahun, kemudian dilanjutkan di Sekolah Menengah Pertama (SMP) selama 3 tahun. Marilah kita dukung program pemerintah ini untuk membangun bangsa yang berpendidikan karena bangsa yang maju adalah bangsa yang dipenuhi oleh warganya yang pintar.
Marilah kita ajak juga seluruh teman, keluarga, dan orang-orang di sekitar kita untuk pergi ke sekolah untuk melaksanakan program ini karena sebenarnya pendidikan juga akan memberikan manfaat yang baik bagi kita semua. Pendidkan yang kita dapat akan membentuk pribadi kita menjadi lebih beradab dan pintar dalam menghadapi masa depan kita sehingga kita akan siap menjalani hidup yang semakin sulit ini. Oleh karena itu, marilah kita melaksanakan program wajar yang telah ditetapkan oleh pemerintah agar kita semua menjadi orang yang pintar.

Karangan Persuasi 2

Buku Adalah Jendela Ilmu dan Perputakaan Adalah Jantung Ilmu
            Membaca memepunyai peranan yang sangat bermanfat dalam kehidupan kita sehari-hari. Ada beberapa manfaat yang dapat kita peroleh dari membaca yaitu menambah wawasan baru, membaca dapat membantu kita memecahkan masalah, menambah keyakinan kita ketika membaca buku-buku keagamaan, menghilangkan kegundahan, meningkatkan prestasi, memperluas pengetahuan, mencontoh kearifan dan kecerdasan seseorang, dan sebagainya.
            Kita tahu bahwa buku adalah jendela ilmu dan perpustakaan adalah jantungnya ilmu. Untuk mengetahui isi sebuah buku kita perlu memiliki kecintaan terhadap buku bacaan. Banyak orang suskses dan cerdas karena kecintaan mereka membaca buku dan belajar. Oleh karena itu tingkatkan intensitas membaca terutama di waktu senggang.

Karangan Persuasi  3
Tuntutlah Ilmu Hingga ke Negeri Cina

Ilmu adalah suatu hal yang sangat penting di dunia ini. Ilmu bisa membuat manusia menjadi mulia dan ilmu juga bisa membuat manusia menjadi kejam. Sangking pentingnya ilmu bahkan Nabi Muhammad SAW telah memerintahkan kita untuk menuntut ilmu hingga ke negeri china. Yang dimaksud dengan hingga ke negeri China adalah kita dianjurkan untuk menuntut ilmu hingga ke tempat yang sangat jauh. Dengan menuntut ilmu, kita pasti akan menjadi orang yang berilmu.

Menjadi orang yang berilmu sangatlah bermanfaat. Mereka memiliki derajat yang lebih tinggi di mata tuhan di bandingkan dengan orang-orang yang tidak berilmu. Hal ini dikarenakan orang-orang berilmu dapat memberikan kemaslahatan atau manfaat bagi orang banyak. Orang-orang berilmu juga bisa menjadi pemimpin yang baik dan bijaksana. Terlebih lagi dengan ilmu orang-orang bisa membangun peradaban ke arah yang lebih baik.

Tak hanya bermanfaat bagi orang banyak, ilmu juga bermanfaat bagi dir sendiri, antara lain dengan berilmu kita akan dihormati dengan orang-orang, tetapi orang berilmu juga tidaklah gila akan penghormatan karena mereka mengambil ajaran padi yang semakin berisi semakin merunduk, dengan berilmu juga kita bisa mewujudkan impian-impian kita.

Oleh karena itu, marilah kita menuntut ilmu setinggi mungkin agar kita menjadi orang yang pintar sehingga bisa bermanfaat bagi orang lain dan diri sendiri. Janganlah malas dalam menuntut ilmu karena kebodohan akan menghampiri kita dan bagi yang sedang menuntut ilmu, manfaatkanlah kesempatan itu dengan baik karena ada banyak orang di sana yang tidak mendapatkan kesempatan yang sama.
 

Karangan Persuasi 4
Rajin Pangkal Pandai

Ujian akhir nasional akan segera tiba, oleh sebab itu siapkan dirimu dengan belajar yang giat dan tekun agar kita bisa menghadapi dan menjawab semua soal-soal yang diberikan kepada kita nantinya. Tentunya kita tidak mau gagal dalam ujian nasional kali ini karena hal tersebut pastilah sangat memalukan dan disayangkan karena kita telah belajar selama hampir 3 tahun di sekolah ini. Janganlah kita jatuh hanya karena ujian yang hanya di laksanakan selama 4 hari itu. Untuk mencegah hal-hal yang tidak bik terjadi, maka persiapkanlah diri untuk menghadapi ujian jauh hari sebelum ujian nasioanl di mulai.

Ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan jika kita mempersiapkan ujian nasional dengan belajar jauh-jauh hari, diantaraya adalah kita bisa lebih siap menghadapi soal-soal. Dengan belajar yang giat kita akan terbiasa untuk memecahkan soal-soal ujian nasioanal sehingga pada saat ujian tiba kita bisa menyelesaikan soal ujian tersebut dengan sangat mudah dan cepat.
Tak hanya itu, dengan belajar yang giat menjelang ujian nasional akan melatih mental kita untuk menghadapi ujian nasional yang sesungguhnya. Teruslah berlatih agar mental kita menjadi kuat dan optimis dalam mengikuti ujian nasional karena meskipun kita mengetahui cara mengerjakan soal tersebut, jika mental lemah pasti akan menyulitkan kita dalam mengerjakan soal-soal tersebut dengan sempurna.
Oleh karena itu, marilah kita mempersiapkan diri sebaik mungkin sebelum menghadapi ujian nasional yang sesungguhnya, agar kita bisa mengerjakan soal-soal tersebut dengan mudah sehingga kita semua bisa lulus dan mendapatkan nilai baik dalam ujian nasional kali ini. 

Karangan Persuasi  5
Kebudayaan Indonesia Harus Mulai Dijaga
Indonesia adalah negeri yang beraneka ragam. bangsa yang multikultur,banyak sekali kebudayaan yang tersebar dari ujung barat ampai ujung timur. Keanekaragaman budaya yang ada di Indonesia lebih banyak menyebabkan seseorang malas untuk mengetahui bahkan untuk mengenalnya. sehingga tak heran jika ada orang yang tidak tahu tentang kebudayaan Indonesia. Bahkan dia sempat aneh dan terheran-heran jika melihat tari kecak misalnya atau mendengarkan lagu soleram. karena dia tak pernah mengetahuinya dan memang tak pernah mau tahu.
Tak hanya itu, globalisasi atau medernisasiyang terjadi pada dunia saat ini mempunyai pengaruh besar terhadap kelestarian budaya Indonesia. Melalui modernisasi kebudayaan dengan mudah kebudayaan asing dapat masuk ke Indonesia. Generasi muda Indonesia pun ternyata lebih menyukai kebudayaan asing. Mereka kurang mencintai kebudayaannya sendiri, bahkan ada yang menganggapnya kampungan. Terlihat bahwa generasi muda sekarang lebih bergaya hidup hedonistikatau gaya hidup penuh hura-hura. Generasi muda saat ini lebih menyenangi kebebasan tanpa batas daripada kebebasan dengan batasan norma. Musik yang mereka dengarkan bukn lagi gending karismen atau tanjidor tapi musik yang mereka dengarkan adalah house music atau musik DJ, R&B, Hip-hop, metal dan lain-lain. Tarian mereka bukan lagi jaipongan, kecak, atau pendet tapi tarian mereka dengarkan adalah modern dance, break dance dan lain-lain.
Oleh karena itu, memang sudah saatnya kita sebagai orang Indonesia umumnya dan sebagai generasi muda terpelajar khusunya, harus mulai berpikir untuk menjaga kebudayaan Indonesia. Karena kebudayaan Indonesia adalah ciri khas bangsa Indonesia yang menjadi kebanggaan tersendiri dari bangsa Indonesia. Masyarakat dan pemerintah adalah pelaku sentral dalam proses pelestarian kebudayaan nasional.
 

Karangan Persuasi 6

Tangan di Atas Lebih Baik daripada Tangan di Bawah

            Setiap orang di dunia ini, memcari uang untuk kelangsungan hidupnya. Sebagia hasil yang kita peroleh, untuk disedekahkan. Sedekah merupakan suatu amalan ibadah yang sangat disukai Allah. Dengan mensedekahkan rezeki yang kita peroleh, maka akan membersihkan semua harta yang kita miliki. Kita dapat menyumbang ke yayasan yatim piatu, orang miskin, musafir, mualaf, dan sebagainya.
            Sebagian orang yang masih memiliki organ tubuh yang lengkap berusaha mencari pekerjaan sesuai dengan kemampuan kita dan baik. Karena apabila kita tidak berusaha, kita akan memjadi seseorang yang selalu meminta-minta bantuan orang lain. Orang yang meminta-minta akan dipandang rendah di mata masyarakat. Dan dilihat dari sisi agama, Allah akan menyuliti sepenggal daging di tubuh kita setiap satu kali meminta-minta kepada orang lain. Oleh karena itu, sebaiknya kita tidak boleh meminta-minta kepada orang lain.



0 comments:

Post a Comment